RENSTRA PERKIM

Penyusunan Rencana Strategis Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten OKU Selatan Tahun 2016 – 2021, merupakan bentuk pelaksanaan Undang-Undang No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Undang-Undang ini secara substansi mengamanatkan penyusunan Rencana Strategis Perangkat  Daerah  (Renstra  PD)  untuk  periode  5 (Lima) tahun dan juga sebagai instrumen untuk menyusun dan mengukur kinerja sesuai tugas dan fungsi PD.

Rencana Strategis (Renstra) PD merupakan dokumen perencanaan jangka menengah PD yang tidak terpisahkan dengan dokumen   Rencana   Pembangunan   Jangka   Menengah   (RPJMD). Renstra PD disusun guna memberikan masukan bagi penyempurnaan penyusunan dokumen RPJMD. Rancangan akhir Renstra PD disusun dengan mengacu kepada RPJMD yang sudah ditetapkan dengan Perda

Perubahan perkembangan masyarakat saat ini telah memberikan implikasi terhadap tuntutan kebutuhan pelayanan yang lebih baik dan prima. Dalam menjawab tuntutan tersebut, maka instansi pemerintah harus mampu meningkatkan kinerja dan profesionalisme.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten OKU Selatan mempunyai tugas   melaksanakan tugas kewenangan urusan Pemerintahan Daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman diperlukan kehadirannya untuk menunjang keberhasilan pembangunan daerah.

Rencana  Strategis  Dinas  memuat  visi,  misi,  tujuan  dan sasaran,  strategi,  kebijakan,  program  dan  kegiatan  pembangunan sesuai tugas pokok dan fungsi dinas, dengan berpedoman kepada Rencana  Pembangunan  Jangka  Menengah  Daerah  (RPJMD) Kabupaten OKU Selatan tahun 2016-2021.

Program yang disusun dalam Renstra Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman tahun 2016-2021 adalah bersifat indikatif, dengan tidak mengabaikan keberhasilan yang sudah dicapai periode sebelumnya dan selaras dengan program Bupati-Wakil Bupati OKU Selatan  Tahun  2016-2021,  serta  ditujukan  untuk  akselerasi peningkatan derajat pendidikan, kesehatan dan kebutuhan masyarakat.

Program  disusun  sesuai  dengan  kewenangan  Dinas,  lintas PD dan program kewilayahan sebagai pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas. Selanjutnya program tersebut dijabarkan ke dalam rencana   kegiatan   yang   meliputi   indikasi   pendanaan,   kerangka regulasi, sumber pendanaan, mitra Dinas dan lokasi kegiatan dengan memperhatikan rencana tata ruang.

Perubahan Rancangan Akhir Rencana Strategis (Renstra) ini merupakan pedoman bagi Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dalam menyusun rencana kerja tahunan (Renja) Dinas periode tahun 2016-2021  dengan acuan Peraturan daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan no 5 tahun 2016 tentang perubahan atas Peraturan daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan No 4 Tahun 2016 Tentang RPJMD Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan Peraturan daerah No 6 tahun 2016 tentang pembentukan perangkat daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan