33 Unit Lampu Jalan Menerangi kawasan Festival Danau Ranau di Banding Agung

LAMPU PLTS DERMAGA DANAU RANAU

Pengguna jalan menuju kawasan Danau Ranau dari kantor Camat Banding Agung sampai dermaga tepian Danau Ranau kini sudah semakin aman dan nyaman. Kawasan untuk Festival Danau Ranau  ini telah terang benderang setelah Pemerintah Kabupaten memasang sejumlah lampu Led di sepanjang ruas jalan dan kawasan dermaga

Sebelumnya 33 lampu Led 50 watt dan 12 Lampu PLTS telah dipasang Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dibeberapa titik dalam kawasan Kecamatan Banding Agung. Baik di jalan-jalan Provinsi hingga jalan lingkungan dan kawasan pemukiman.

Kadis Perkim, Ahmad Farid Effendi, ST mengatakan, pemasangan sejumlah lampu di ruas jalan Kec Banding Agung tersebut selain untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan, juga guna memperindah kawasan kawasan wisata Danau Ranau.

“Pemasangan lampu dikawasan ini telah terealisasi dan telah dapat dimanfaatkan masyarakat mulai tadi malam. Selain untuk memperindah kawasan Danau Ranau, pemasangan lampu dikawasan ini juga menjawab kebutuhan masyarakat akan pentingnya keselamatan, keamanan dan kenyamanan pengguna jalan yang melintasi di kawasan tersebut. Apalagi mulai tanggal 14 sampai 16 Desember ini Kabupaten OKU Selatan akan mengadakan Agenda Tahunan yakni Festival Danau Ranau” ujarnya diruang kerja, Rabu (13/12).

Kadis menjelaskan, sebanyak 33 lampu Led masing-masing sebesar 50 watt itu dipasang di sepanjang jalan dan 12 Lampu PLTS di Kawasan Dermaga.

Di tempat Terpisah, Kabid Perumahan  dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman OKUS, Arizah Vahlewi ST  juga mengatakan, pemasangan lampu ini menjawab semua keluhan masyarakat di sekitaran kawasan Danau Ranau. “Perlu kita benahi, karena Danau Ranau adalah Icon OKU Selatan, juga Destinasi wisata terbaik di Provinsi ini, diharapakan pula Masyrakat sekitar dapat menjaga dan tidak merusak fasilitas PJU ini”

“Ini agar penerangan di Kabupaten OKU Selatan bisa merata dan tidak terfokus di satu kawasan saja, termasuk di jalan Provinsi maupun jalan kabupaten, akan kami pasang,” jelasnya.

Untuk di beberapa kawasan lain seperti dalam Kota Muaradua, Ia menargetkan pemasangannya akan selesai paling lambat Jum’at ini

Sementara itu, salah seorang pengguna jalan yang juga warga setempat, Bambang, mengucapkan terimakasih atas pemasangan lampu jalan tersebut. Ia mengatakan pemasangan 33 titik lampu di kec. Banding Agung itu telah lama dinanti warga, karena sebelum pemasangan lampu jalan, kawasan tersebut sangat gelap dan sering dijadikan tempat mangkal serta kebut-kebutan.dan sudah bertahun tahun tidak ada perbaikan.

“Alhamdulillah, terimakasih pak Bupati dan Kepala Dinas Perkim telah memasangkan lampu jalan disini. Sebelumnya jalan kami ini sangat gelap dan banyak anak-anak muda yang mangkal serta kebut-kebutan, selain bising, kami juga mengkhawatirkan keselamatan pengguna jalan yang melintas disini,” tuturnya.

 

Benizh Rendi Febia/ 1987032020151005